Kegiatan praktikum di laboratorium bagi siswa dipandang perlu untuk mengembangkan metode pembelajaran yang interaktif yang dapat mengembangkan pengetahuan, menanamkan sikap ilmiah, dan melatih keterampilan. Program pengabdian ini berfokus pada untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh SMA Negeri 1 Muara Badak dan promosi FMIPA serta jurusan Kimia di SMA Negeri 1 Muara Badak. Dengan mendampingi siswa melakukan praktikum kimia dasar di laboratorium sekolah maka diharapkan dapat memberikan penyelesaian masalah yang selama ini dihadapi oleh SMA Negeri 1 Muara Badak. Dalam hal lain, kegiatan pengabdian ini dapat memperluas jejaring dengan lingkungan sekolah serta mitra dimana dalam kegiatan ini PT. GEL terlibat untuk membantu.

Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Rita Hairani, Ph.D dan dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 5 Juni 2023, mulai jam 08.00 – 12.00 wita di SMA Negeri 1 Muara Badak. SMA Negeri 1 Muara Badak beralamat di Jl. Gas Alam RT.02, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kecamatan Muara Badak. Adapun topik materi secara teoritis yang telah disampaikan meliputi:

  1. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Laboratorium yang disampaikan oleh Novita Rahmawati Isyahro, S.Si. Dimana dalam materi ini disampaikan wawasan mengenai jenis kerja di laboratorium, proses bahan kimia masuk ke tubuh manusia, sumber- sumber kecelakaan kerja di laboratorium, pemicu kecelakaan kerja di laboratorium, penanganan kecelakaan kerja di laboratorium, aturan umum bekerja di laboratorium, pencegahan kecelakaan kerja di laboratorium, peralatan keselamatan kerja, serta fasilitas dan sarana K3 laboratorium. Melalui materi ini, siswa dapat mengetahui betapa pentingnya memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium, mampu mengidentifikasi sumber dan cara penanganan jika terjadi kecelakaan kerja di laboratorium.
  2. Teori dasar kimia yang berkaitan dengan praktikum disampaikan oleh Nanang Tri Widodo, S.Si., M.Si. Pada sesi ini disampaikan teori atau prinsip dasar yang berkaitan dengan praktikum yang meliputi kromatografi, pembuatan larutan, titrasi asam dan basa, ikatan peptida, dan elektrolisis.
  3. Pengenalan alat dan bahan kimia di laboratorium yang disampaikan oleh Achmad Maulana, S.Si. Materi berisi tentang pengenalan alat glassware yang umum digunakan di laboratorium serta bahan-bahan kimia yang digunakan di praktikum kimia dasar.

Sedangkan topik untuk praktikum meliputi: kromatografi, pembuatan larutan, titrasi asam dan basa, elektrolisis, serta ikatan peptida (protein dan asam amino) dimana dalam modul penuntun praktikum tiap percobaan berisi tentang tujuan percobaan, dasar teori, alat dan bahan, serta prosedur percobaan.

Hasil kegiatan pengabdian masyarakat kepada siswa-siswa SMA Negeri 1 Muara Badak dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para siswa terhadap alat dan bahan kimia di laboratorium serta cara penggunaannya. Hal ini disampaikan saat diskusi dan tanya jawab tentang alat-alat dan bahan yang belum banyak diketahui oleh para siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Hasil praktikum kimia dasar juga menambah keterampilan dalam melakukan berbagai praktikum kimia dasar di laboratorium.