Berita

Workshop Penggunaan Software Referensi dan Penulisan Tugas Akhir

Di akhir Februari 2019, Jurusan Kimia FMIPA Unmul mengadakan workshop penggunaan software referensi dan penulisan tugas akhir. Kegiatan workshop ini diperuntukkan untuk mahasiswa jurusan kimia yang akan menghadapi tugas akhir yaitu angkatan 2015. Selain mahasiwa kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dan tendik. Empat orang pemateri semuanya merupakan dosen jurusan kimia sendiri.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada tanggal 27 februari 2019 di ruangan einstein FMIPA Unmul. Kegiatan workshop ini dimulai dari jam 8:30 hingga jam 11:00 WITA dengan total 4 materi. Dosen jurusan kimia yang memberikan materi secara berturut turut adalah Rita Hairani, M.Sc, Dr. Teguh Wirawan, Ritbey Ruga Ph.D.dan Dr Noor Hindryawati.

Acara dimulai dengan pembukaan lalu langsung penyampaian materi pertama oleh ibu Rita Hairani, M.Sc. Materi pertama yang disampaikan kepada mahasiswa adalah mengenai alur pengurusan skripsi.

Tujuan dari materi ini adalah memberikan informasi update kepada mahasiswa mengenai alur pengurusan skripsi. Ibu Rita Hairani, M.Sc berpesan kepada mahasiswa agar selalu berusaha mencari informasi alur pengurusan skripsi yang update dan tidak hanya ikut ikutan dengan teman.

Materi kedua mengenai Plagiarisme dan sitasi yang disampaikan oleh Pak Dr. Teguh Wirawan. Materi kedua bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara melakukan sitasi yang baik dan benar dan cara menghindari plagiarisme dalam penulisan tugas akhir. Pada materi kedua dipaparkan dengan lengkap mengenai plagiarisme hingga cara memparafrase kalimat. Kemudian dipaparkan juga mengenai urgensi sitasi, penulisan sitasi dan penulisan daftar pustaka.

Materi ketiga dan keempat dibawakan oleh Ibu Ritbey Ruga Ph.D.dan Ibu Dr Noor Hindryawati. Materi Ketiga dan keempat mengenai perkenalan software referensi mendeley dan urgensinya sedangkan  materi keempat mengenai workshop penggunaan Software referensi mendeley. Tujuan dari materi ketiga dalah memperkenalkan software referensi Mendeley dan urgensinya kepada mahasiswa. Sedangkan materi keempat  untuk mengajarkan cara penggunaan software referensi Mendeley kepada mahasiswa agar dapat diaplikasikan saat penulisan tugas akhir. Diakhir materi keempat Ibu Dr Noor Hindryawati menutup kegiatan workshop dengan berpesan kepada mahasiswa agar lebih bersemangat menghadapi tugas akhir dan tidak lupa menggunakan software referensi dalam mengerjakan tugas akhir. (iah)

Workshop Penulisan Referensi Berbasis Software dan Alur Penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa

Samarinda – Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan workshop Penulisan Referensi dan Penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa S1 Kimia. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 14 dan 21 Maret 2018. Mahasiswa yang hadir merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu proses pembelajaran bagi mahasiswa agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah keilmuan.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen kimia dan mahasiswa kimia serta Bapak Dr. Erwin, M.Si selaku Ketua Jurusan Kimia untuk membuka kegiatan workshop sekaligus pemberi materi mengenai Plagiarisme. Selain itu hadir pula Sekretaris Jurusan Kimia Ibu Dr. Noor Hindryawati, M.Si sebagai pemateri software referensi Mendeley, Ketua Program S1 Kimia Ibu Dr. Eva Marliana, M.Si., sebagai pemateri mengenai Alur dan Aturan Penyelesaian Tugas akhir, Bapak Drs. Alimuddin, M.Si, sebagai pemateri mengenai Penulisan Artikel,  serta Bapak Dr. Rudi Kartika, M.Si. dan Bapak Prof. Dr. Aman Sentosa Panggabean, M.Si. selaku moderator dalam kegiatan ini.

Salah satu mahasiswa mengatakan “ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk bisa menyusun skripsi dan artikel ilmiah sesuai dengan pedoman yang ada”. Selain itu mahasiswa tersebut merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan software referensi ini sehingga memudahkan dalam penulisan skripsi terutama jika sitasi yang digunakan sangat banyak.

Di awal pelatihan software ini beberapa mahasiswa masih ada yang kesulitan namun pada akhirnya mereka mulai memahami dan mencoba lebih baik lagi. Kendala yang masih harus dihadapi adalah koneksi internet yang masih kurang sehingga ada beberapa komputer yang kesulitan mengakses. (vla)