Berita

Mini Symposium tema “Renewable Energy Research : Towards Energy 4.0”

Kamis, 12 September 2019. Fakultas MIPA Universitas Mulawarman melalui program World Class Program (WCP) melaksanakan kegiatan Mini Symposium tema “Renewable Energy Research : Towards Energy 4.0”, bertempat di Ruang Serbaguna, Lantai 4, Gedung Rektorat, Unmul, Samarinda.
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menjadi penyelenggara World Class Professor (WCP) Tahun 2019. Dikutip dari website Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti RI, WCP adalah merupakan sebuah program yang mengundang profesor kelas dunia, baik dari dalam maupun luar negeri untuk menjadi visiting professor di berbagai perguruan tinggi Indonesia.
Mewakili Rektor, Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik membuka kegiatan mini symposium, yang dihadiri oleh Bapak/Ibu Dosen, Mahasiswa/i, dan undangan, dengan narasumber
1. Prof. Alan L. Chaffee (MONASH, Australia), materi “CO2 Capture Form All” dengan moderator Dr. RR. Dirgarini Julia N., M.Sc
2. Dr. Eng. Idris Mandang, M.Si. (Fakultas MIPA Unmul, Indonesia), materi “Numerical Model Assessment of Tidal Stream Energy Resources in The Waters Eastern Part of The Borneo Island” dengan moderator Dr. Rudy Agung Nugroho, M.Si
3. Dr. Rudianto Amirta, M.P. (Fakultas Kehutanan Unmul, Indonesia), materi “Diversity and Energy Potency from Tropical Secondary Forest Species in East Kalimantan, Indonesia” dengan moderator Dr. Rahmat Gunawan, M.Si
Demikian informasi kegiatan Fakultas MIPA Universitas Mulawarman melalui program WCP Tahun 2019 dalam pelaksanaan mini symposium. “Bekerja Bersama Menuju FMIPA Unggul”.nzkqb/hms_fmipa

Visiting Lecture” (Kuliah Tamu), bertemakan “MOF Derived Catalysts for CO2 Conversion to Hydrocarbons

Rabu, 11 September 2019. Fakultas MIPA Unmul melalui kegiatan World Class Professor (WCP) Skema B Tahun 2019 menyelenggarakan “Visiting Lecture” (Kuliah Tamu), bertemakan “MOF Derived Catalysts for CO2 Conversion to Hydrocarbons”, bertempat di Ruang Avogadro, Gedung D, Lantai 1, Kampus FMIPA.

Mewakili Dekan FMIPA, Dr. Chairul Saleh, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan hadir dan membuka kegiatan kuliah tamu yang dihadiri oleh Dr. Rudi Kartika, M.Si selaku Ketua Jurusan Kimia, Dr. Suyitno, M.Si selaku Ketua Jurusan Matematika, Dr. Rahmat Gunawan, M.Si. selaku Koordinator Prodi S2 Kimia, Dr. Dirgarini Julia N., M.Sc. selaku Ketua Pelaksana, Bapak dan Ibu Dosen serta mahasiswa/i peserta kuliah umum.

Kegiatan Kuliah Tamu menghadirkan narasumber Prof. Alan L. Chaffee (Monash University, Australia) dengan moderator Ibu Noor Hindryawati, M.Si. Beliau meberikan kuliah yang berjudul “MOF Derived Catalysts for CO2 Conversion to Hydrocarbons” yaitu penggunaan katalis MOF dalam konversi gas CO2 menjadi hidrokarbon atau bahan bakar. Penggunaan katalis MOF ini memiliki kelebihan dibandingkan katalis lainnya terutama dalam kestabilan termal. Pengembangan katalis ini bisa digunakan untuk reaksi lainnya. vla/foto : humas_fmipa

Penyambutan Prof Alan Chaffee dalam Program World Class Professor Skema B Tahun 2019

Pada hari Senin, 9 September 2019. Fakultas MIPA Unmul melalui panitia pelaksana mengajak Prof. Alan L. Chaffee (Monash, Australia) untuk bertemu Rektor Unmul yang di terima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Mulawarman sebagai penyambutan dalam kegiatan World Class Professor (WCP) Tahun 2019.

Kegiatan penyambutan dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan didampingi Dr. Chairul Saleh, M.Si. selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan FMIPA, Jono, S.Sos., M.Si., selaku Kabag. Tata Usaha FMIPA, Dr. Dirgarini Julia N., M.Sc. selaku Ketua Pelaksana, beserta panitia.

Ketua Pelaksana, ibu Dr. Dirgarini Julia N., M.Sc memberikan pemaparan singkat mengenai program ini, kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan serta luaran yang harus dipenuhi. Dilain pihak Prof. Alan Chaffee juga memberikan informasi mengenai Monash University dan ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang ditanda tangani oleh FMIPA UNMUL dan Faculty of Science Monash University.

rof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono menyabut baik kegiatan ini dan berharap UNMUL bisa mendapatkan lebih banyak program WCP KEMENRISTEKDIKTI ini sebagai salah satu target dalam visi UNMUL.

Demikian pelaksanaan pertemuan penyambutan Prof. Alan L. Chaffee dalam kegiatan WCP Tahun 2019. “Bekerja Bersama Menuju FMIPA Unggul”. nzkqb/humas_fmipa/vla.

Seminar Nasional Kimia

Saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Salah satunya adalah bidang ilmu kimia yang merupakan fundamental of science yang dapat menjawab dan membahas berbagai permasalahan dan isu yang sedang berkembang di masyarakat seperti pengolahan sumber daya alam dan industri berbasis ramah lingkungan, pemberdayaan dan efisiensi energi di segala bidang terutama melalui “clean energy”. Oleh karena itu perlu adanya kebijakan dalam pemanfaatan sumber daya alam dan industri yang dititik beratkan pada proses pengolahannya berbasis teknologi yang aman dan ramah lingkungan. Seminar Nasional Kimia ini diharapkan menjadi forum diskusi hasil-hasil penelitian yang mengacuh pada peranan ilmu kimia dalam pemanfaatan sumber daya alam dan kebijakan-kebijakan dalam pengolahan hasil industri yang ramah lingkungan. Juga diharapkan mampu merumuskan dan memunculkan ide-ide yang dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan melalui penelitian di bidang kimia.

Workshop Penggunaan Software Referensi dan Penulisan Tugas Akhir

Di akhir Februari 2019, Jurusan Kimia FMIPA Unmul mengadakan workshop penggunaan software referensi dan penulisan tugas akhir. Kegiatan workshop ini diperuntukkan untuk mahasiswa jurusan kimia yang akan menghadapi tugas akhir yaitu angkatan 2015. Selain mahasiwa kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dan tendik. Empat orang pemateri semuanya merupakan dosen jurusan kimia sendiri.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada tanggal 27 februari 2019 di ruangan einstein FMIPA Unmul. Kegiatan workshop ini dimulai dari jam 8:30 hingga jam 11:00 WITA dengan total 4 materi. Dosen jurusan kimia yang memberikan materi secara berturut turut adalah Rita Hairani, M.Sc, Dr. Teguh Wirawan, Ritbey Ruga Ph.D.dan Dr Noor Hindryawati.

Acara dimulai dengan pembukaan lalu langsung penyampaian materi pertama oleh ibu Rita Hairani, M.Sc. Materi pertama yang disampaikan kepada mahasiswa adalah mengenai alur pengurusan skripsi.

Tujuan dari materi ini adalah memberikan informasi update kepada mahasiswa mengenai alur pengurusan skripsi. Ibu Rita Hairani, M.Sc berpesan kepada mahasiswa agar selalu berusaha mencari informasi alur pengurusan skripsi yang update dan tidak hanya ikut ikutan dengan teman.

Materi kedua mengenai Plagiarisme dan sitasi yang disampaikan oleh Pak Dr. Teguh Wirawan. Materi kedua bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara melakukan sitasi yang baik dan benar dan cara menghindari plagiarisme dalam penulisan tugas akhir. Pada materi kedua dipaparkan dengan lengkap mengenai plagiarisme hingga cara memparafrase kalimat. Kemudian dipaparkan juga mengenai urgensi sitasi, penulisan sitasi dan penulisan daftar pustaka.

Materi ketiga dan keempat dibawakan oleh Ibu Ritbey Ruga Ph.D.dan Ibu Dr Noor Hindryawati. Materi Ketiga dan keempat mengenai perkenalan software referensi mendeley dan urgensinya sedangkan  materi keempat mengenai workshop penggunaan Software referensi mendeley. Tujuan dari materi ketiga dalah memperkenalkan software referensi Mendeley dan urgensinya kepada mahasiswa. Sedangkan materi keempat  untuk mengajarkan cara penggunaan software referensi Mendeley kepada mahasiswa agar dapat diaplikasikan saat penulisan tugas akhir. Diakhir materi keempat Ibu Dr Noor Hindryawati menutup kegiatan workshop dengan berpesan kepada mahasiswa agar lebih bersemangat menghadapi tugas akhir dan tidak lupa menggunakan software referensi dalam mengerjakan tugas akhir. (iah)

Workshop Penulisan Referensi Berbasis Software dan Alur Penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa

Samarinda – Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan workshop Penulisan Referensi dan Penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa S1 Kimia. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 14 dan 21 Maret 2018. Mahasiswa yang hadir merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu proses pembelajaran bagi mahasiswa agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah keilmuan.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen kimia dan mahasiswa kimia serta Bapak Dr. Erwin, M.Si selaku Ketua Jurusan Kimia untuk membuka kegiatan workshop sekaligus pemberi materi mengenai Plagiarisme. Selain itu hadir pula Sekretaris Jurusan Kimia Ibu Dr. Noor Hindryawati, M.Si sebagai pemateri software referensi Mendeley, Ketua Program S1 Kimia Ibu Dr. Eva Marliana, M.Si., sebagai pemateri mengenai Alur dan Aturan Penyelesaian Tugas akhir, Bapak Drs. Alimuddin, M.Si, sebagai pemateri mengenai Penulisan Artikel,  serta Bapak Dr. Rudi Kartika, M.Si. dan Bapak Prof. Dr. Aman Sentosa Panggabean, M.Si. selaku moderator dalam kegiatan ini.

Salah satu mahasiswa mengatakan “ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk bisa menyusun skripsi dan artikel ilmiah sesuai dengan pedoman yang ada”. Selain itu mahasiswa tersebut merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan software referensi ini sehingga memudahkan dalam penulisan skripsi terutama jika sitasi yang digunakan sangat banyak.

Di awal pelatihan software ini beberapa mahasiswa masih ada yang kesulitan namun pada akhirnya mereka mulai memahami dan mencoba lebih baik lagi. Kendala yang masih harus dihadapi adalah koneksi internet yang masih kurang sehingga ada beberapa komputer yang kesulitan mengakses. (vla)