Informasi

Visi Misi dan Tujuan Program Studi Kimia Program Sarjana

Program Studi Kimia Program Sarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Mulawarman menyelenggarakan proses pendidikan tingkat magister dalam bidang ilmu kimia. Program Studi Kimia Program Sarjana, FMIPA, Universitas Mulawarman merupakan Program Studi Sarjana yang diberi ijin operasional pada tahun 2001.

Program Studi Kimia Program Sarjana-FMIPA-UNMUL didukung oleh 23 orang staf pengajar dengan 13 orang bergelar doktor dan 8 orang bergelar Sarjana serta memiliki 2 orang Guru Besar, juga ditunjang oleh beberapa laboratorium dan fasilitas perpustakaan yang memadai sehingga memungkinkan dihasilkannya karya penelitian yang berkualitas. Program Studi Kimia Program Sarjana-FMIPA-UNMUL juga memiliki jalinan kerjasama yang sangat baik dengan Program Studi sejenis di berbagai Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri juga dengan berbagai industri, lembaga riset dan instansi pemerintah.

Visi :

“Menjadi program studi yang unggul dalam menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan penerapan terpadu yang bermutu di bidang ilmu kimia berbasis hutan tropis lembab dan lingkungannya pada tahun 2025.”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesuai pola ilmiah pokok hutan tropis lembab dan lingkungannya sehingga dihasilkan sarjana ilmu kimia yang berkualitas, mampu bersaing di dunia kerja dan unggul dari segi pengetahuan, keterampilan dan sikap.
  2. Melaksanakan penelitian yang kreatif dan inovatif untuk mengembangkan ilmu kimia khususnya penelitian berbasis hutan tropis lembab (SDA Kaltim) dan lingkungannya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk penerapan terpadu ilmu kimia dalam memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat dan isu isu peningkatan kesadaran lingkungan
  4. Menjalin dan Peningkatan jumlah dan mutu kerja sama yang baik dengan perguruan tinggi lain, instansi pemerintah dan industri sekitar yang terkait terutama bidang Kimia.

Tujuan :

  1. Menghasilkan sarjana ilmu kimia yang berkualitas, mampu bersaing di dunia kerja dan unggul dari segi sikap, pengetahuan, keterampilan melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu sesuai pola ilmiah pokok hutan tropis lembab dan lingkungannya
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas di bidang ilmu kimia khususnya penelitian yang berbasis hutan tropis lembab dan lingkungannya (SDA Kaltim) dan meningkatkan jumlah dan mutu riset dan publikasi karya ilmiah bereputasi nasional dan internasional.
  3. Terwujudnya dan Terselenggaranya kegiatan dan pelayanan kepada masyarakat sebagai bentuk penerapan terpadu ilmu kimia dalam membantu memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat
  4. Meningkatnya jumlah dan mutu kerja sama yang baik dengan perguruan tinggi lain, dan berbagai institusi dalam dan luar negeri, instansi pemerintah dan industri sekitar yang terkait yang relevan dengan bidang kimia.