Samarinda – Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman melaksanakan kegiatan workshop Penulisan Referensi dan Penyusunan Tugas Akhir untuk Mahasiswa S1 Kimia. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 14 dan 21 Maret 2018. Mahasiswa yang hadir merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang melaksanakan penelitian dan penulisan skripsi. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu proses pembelajaran bagi mahasiswa agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan sesuai dengan kaidah keilmuan.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen-dosen kimia dan mahasiswa kimia serta Bapak Dr. Erwin, M.Si selaku Ketua Jurusan Kimia untuk membuka kegiatan workshop sekaligus pemberi materi mengenai Plagiarisme. Selain itu hadir pula Sekretaris Jurusan Kimia Ibu Dr. Noor Hindryawati, M.Si sebagai pemateri software referensi Mendeley, Ketua Program S1 Kimia Ibu Dr. Eva Marliana, M.Si., sebagai pemateri mengenai Alur dan Aturan Penyelesaian Tugas akhir, Bapak Drs. Alimuddin, M.Si, sebagai pemateri mengenai Penulisan Artikel,  serta Bapak Dr. Rudi Kartika, M.Si. dan Bapak Prof. Dr. Aman Sentosa Panggabean, M.Si. selaku moderator dalam kegiatan ini.

Salah satu mahasiswa mengatakan “ini merupakan kesempatan yang baik bagi kami untuk bisa menyusun skripsi dan artikel ilmiah sesuai dengan pedoman yang ada”. Selain itu mahasiswa tersebut merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan software referensi ini sehingga memudahkan dalam penulisan skripsi terutama jika sitasi yang digunakan sangat banyak.

Di awal pelatihan software ini beberapa mahasiswa masih ada yang kesulitan namun pada akhirnya mereka mulai memahami dan mencoba lebih baik lagi. Kendala yang masih harus dihadapi adalah koneksi internet yang masih kurang sehingga ada beberapa komputer yang kesulitan mengakses. (vla)