Di akhir Februari 2019, Jurusan Kimia FMIPA Unmul mengadakan workshop penggunaan software referensi dan penulisan tugas akhir. Kegiatan workshop ini diperuntukkan untuk mahasiswa jurusan kimia yang akan menghadapi tugas akhir yaitu angkatan 2015. Selain mahasiwa kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen dan tendik. Empat orang pemateri semuanya merupakan dosen jurusan kimia sendiri.

Kegiatan workshop dilaksanakan pada tanggal 27 februari 2019 di ruangan einstein FMIPA Unmul. Kegiatan workshop ini dimulai dari jam 8:30 hingga jam 11:00 WITA dengan total 4 materi. Dosen jurusan kimia yang memberikan materi secara berturut turut adalah Rita Hairani, M.Sc, Dr. Teguh Wirawan, Ritbey Ruga Ph.D.dan Dr Noor Hindryawati.

Acara dimulai dengan pembukaan lalu langsung penyampaian materi pertama oleh ibu Rita Hairani, M.Sc. Materi pertama yang disampaikan kepada mahasiswa adalah mengenai alur pengurusan skripsi.

Tujuan dari materi ini adalah memberikan informasi update kepada mahasiswa mengenai alur pengurusan skripsi. Ibu Rita Hairani, M.Sc berpesan kepada mahasiswa agar selalu berusaha mencari informasi alur pengurusan skripsi yang update dan tidak hanya ikut ikutan dengan teman.

Materi kedua mengenai Plagiarisme dan sitasi yang disampaikan oleh Pak Dr. Teguh Wirawan. Materi kedua bertujuan untuk memberikan informasi mengenai cara melakukan sitasi yang baik dan benar dan cara menghindari plagiarisme dalam penulisan tugas akhir. Pada materi kedua dipaparkan dengan lengkap mengenai plagiarisme hingga cara memparafrase kalimat. Kemudian dipaparkan juga mengenai urgensi sitasi, penulisan sitasi dan penulisan daftar pustaka.

Materi ketiga dan keempat dibawakan oleh Ibu Ritbey Ruga Ph.D.dan Ibu Dr Noor Hindryawati. Materi Ketiga dan keempat mengenai perkenalan software referensi mendeley dan urgensinya sedangkan  materi keempat mengenai workshop penggunaan Software referensi mendeley. Tujuan dari materi ketiga dalah memperkenalkan software referensi Mendeley dan urgensinya kepada mahasiswa. Sedangkan materi keempat  untuk mengajarkan cara penggunaan software referensi Mendeley kepada mahasiswa agar dapat diaplikasikan saat penulisan tugas akhir. Diakhir materi keempat Ibu Dr Noor Hindryawati menutup kegiatan workshop dengan berpesan kepada mahasiswa agar lebih bersemangat menghadapi tugas akhir dan tidak lupa menggunakan software referensi dalam mengerjakan tugas akhir. (iah)